Search This Blog

Friday, 5 May 2017

Flow of Documen (FOD) dan Narasinya - Analisa dan Perancangan Sistem 1





Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas tentang analisa masalah beserta solusinya. Dan kali ini saya akan membuat narasi dari FOD (Flow of Document) serta FODnya. FOD/Bagan alir (Flowchart) adalah bagan (chart) yg menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Digunakan terutama untuk alat Bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.


Macam-macam flowchart :
1. Bagan Alir Sistem (Systems Flowchart)
  •                Bagan yg menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.
  •              Menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem.
  •                Menunjukkan apa yang dikerjakan oleh sistem.

2.Bagan Alir Dokumen (Flow Of Document)
Bagan alir dokumen atau disebut juga bagan alir formulir (Form Flowchart) atau Paperwork Flowchart merupakan Bagan alir yg menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
3.Bagan Alir Skematik (Schematic Flowchart)
Merupakan bagan alir yg mirip dengan bagan alir sistem, yaitu menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah  Bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yg digunakan.
4.Bagan Alir Program (Program Flowchart)
Merupakan bagan yg menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program.  Dibuat dari derivikasi bagan alir sistem

Langkah-langkah dalam membuat FOD :

1.Identifikasi bagian, unit atau petugas yang terkait dengan sistem yang akan didokumentasikan.
2.Identifikasi dokumen-dokumen yang digunakan, yaitu nama dokumen, asal atau yang menyiapkan, jumlah rangkap, perlakuan terhadap masing-masing dokumen. Perlakuan terhadap dokumen kemungkinannya adalah dikirim, dicatat, disimpan, atau dimusnahkan.
3.Siapkan bagan atau gambar
  •         Gunakan bagian, unit atau petugas sebagai judul kolom
  •         Usahakan bagan dibaca dari kiri ke kanan
  •        Gunakan simbol penghubung untuk menghindari garis alir saling berpotongan pada sistem yang rumit
  •         Usahakan bagan hanya berada dalam satu halaman.
4.Tambahkan penjelasan tambahan jika diperlukan

“Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi Berbasis Website”
·         Narasi
  1. Pelanggan mengisi formulir biodata yang diperoleh dari pemilik jasa.
  2. Pelanggan melakukan pengisian formulir biodata tersebut kemudian diserahkan kepada pemilik jasa.
  3. Pemilik jasa menawarkan pilihan paket dengan harga yang bervariasi kepada pelanggan. Kemudian pelanggan memilih pilihan tersebut.
  4. Pelanggan mengisi formulir pesanan Yang terdiri dari waktu dan tempat pelaksanaan, acara, pilihan paket.
  5. Pelanggan membayar uang DP sebesar 20% dari harga yang dipilih.
  6. Pemilik jasa menyerahkan formulir pesanan kepada karyawan. Kemudian karyawan melakukan pemotretan di lokasi yang tertera pada formulir pesanan dan pada jadual yang sudah ditentukan.
  7. Setelah melakukan pemotretan, karyawan menyerahkan hasil potret kepada pemilik jasa.
  8. Pemilik jasa melakukan pengeditan dan pencetakan.
  9. Hasil dari pencetakan diberikan kepada pelanggan.
  10. Pelanggan melunasi sisa uang yang belum terbayarkan.

 Sekian dulu ya... semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung. ;-)

1 comment: